THE BEST SUPERBIKE "ZX-10R"
Pabrikan motor dengan ciri khas warna hijaunya ternyata telah membuat produk sebagai penerus dari motor super sport Kawasaki ZX-9R. Motor tersebut diberi nama Kawasaki ZX-10R. Motor ini ternyata sering dikikutkan dalam ajang balap dunia (World Superbike). Bahkan menurut kabarnya, motor ini pernah menyabet penghargaan pada tahun 2004 dan tahun 2005 oleh majalah Cycle World Megazine dan Dari ajang International Bike Competition sebagai motor super bike terbaik.
Sumber gambar https://malaysianriders.files.wordpress.com/2012/11/kawasaki-zx10r-hd-wallpaper.jpg |
Motor ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2004. Dari tahun 2004 hingga sekarang motor ini telah mengalami banyak pembaruan dan perkembangan. Lantas apa saja fitur - fitur yang terbaru pada motor ini. Mari kita bahas di bawah ini.
Pada bagian tampilan, tentunya motor ini masih mengusung konsep motor balap dengan body yang full fairing. kemudian pada bagian headlamp telah dilengkapi windshield dan juga desain bagian belakang yang meruncing. Tail lamp pada bagian belakang telah menggunakan teknologi LED dengan 9 bola lampu.
Motor ini dibuat dengan rangka tipe deltabox dari aluminium alloy dengan 7 sambungan. Karena menggunakan alluminium alloy tentunya motor ini memiliki rangka yang kokoh dan kuat, namun tetap ringan, sehinnga bobot menjadi lebih efisien dan tentunya pengendalian motor menjadi lebih nyaman ketika menikung. Bahan Alluminium Alloy ternyata tidak hanya digunakan untuk bagian rangka saja, namun telah digunakan juga pada bagian Velg dan Swing Arm.
Pihak Kawasaki juga telah memberikan tingkat ergonomi yang nyaman untuk motor ini. Memiliki tinggi jok 813 mm tentunya akan memudahkan kita untuk menaiki motor ini. Jok juga telah dibuat tidak terlalu keras sehingga kita akan nyaman ketika mengendarai motr ini. Pada bagian tangki motor ini sanggup manampung bahan bakar sebanyak 17 liter.
Untuk menambah tingkat kenyamanan, motor ini dibekali dengan suspensi yang dapat diatur dengan keinginan si pengendara. Pada bagian depan, motor ini dibekali dengan suspensi berjenis inverted fork (Garpu terbalik) dengan diameter 43 mm dari showa (BPF / Big Piston FrontFork) yang bisa diatur 3 setelan. Kemudian pada bagian belakang dibekali dengan suspensi berjenis horisontal back-link dengan gas-charged shock yang dapat diatur hingga 4 setelan.
Kawasaki juga telah bekerja sama dengan perusahaan spart yang berasal dari Amerika "Ohlins" untuk menambahkan teknologi Electronic Steering Damper. Fungsi dari teknologi ini yaitu untuk mengatur tingkat peredaman sesuai dengan kondisi motor. Ketika motor dalam kecepatan rendah, maka peredaman juga akan ikut rendah. Kemudian ketika motor dalam kecepatan tinggi maka peredaman juga kan ikut tinggi pula.
Motor ini dibekali dengan mesin yang berkapasitas 988 cc, 4 tak, 16 katup, 6 kecepatan, DOHC, dengan sistem pendingin berupa cairan. Tenaga yang dihasilkan dari mesin motor ini hingga 147,1 kW (200 PS)/13000 rpm dengan torsi hingga 112 Nm (11.4 kgf.m)/11.500 rpm. Mesin telah menggunakan sistem ECU untuk menghasilkan performa yang lebih optimal. Kemudian mesin menggunakan sistem pengapian berjenis digital TCBI dan juga S-KTRC (Sport Kawasaki Traction Control.
Sumber gambar http://www.ambwallpapers.com/wp-content/uploads/2015/02/kawasaki-ninja-wallpapers.jpg |
Tentunya dengan berbagai teknologi yang diberikan, motor ini memiliki akselerasi yang tinggi. Hanya membutuhkan waktu 2,9 detik untuk menempuh jarak 0-97 km/jam. Sedangkan pada saat top speed, motor ini mampu melaju dengan kecepatan kurang lebih 300 km/jam.
Mesin motor ini juga telah menggunakan teknologi terkini, yaitu dengan teknologi Fuel Injection. Sehingga dengan teknologi ini konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien sekitar 6,4 liter/100 km. Gas buang / emisi motor ini telah lulus uji emisi EURO 3 serta emisi yang dikeluarkan bersih dan tentunya ramah lingkungan.
Karena memiliki kecepatan yang tinggi, motor ini dibekali rem cakaram di kedua rodanya. Pada bagian depan motor ini menggunakan rem cakram ganda 4 kaliber piston dengan ukuran 310 mm dan pada bagian belakang telah dibekali rem cakram tunggal 1 kaliber piston dengan ukuran 220 mm. Rem telah dilengkapi dengan teknologi ABS yaitu Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System (KIBS). KIBS ini memiliki daya pengereman yang baik, dari kecepatan 97 km - 0 km hanya membutuhkan jarak 37 meter.
Kawasaki Ninja ZX 10 r telah dibekali dengan fitur power mode yang berfungsi untuk menyesuaikan tenaga yang dikeluarkan motor sesuai dengan keadaan serta kondisi yang akan terjadi dijalanan. Pada fitur ini terdapat 3 pilihan yaitu:
- Full Mode : mode ini sangat cocok bagi yang suka balapan, karena dengan mode ini mesin akan mengeluarkan tenaga semaksimal mungkin.
- Middle mode : Mode ini cocok untuk berkendara kita sehari - hari, karena mode ini akan membuat tenaga mesin tidak terlalu tinggi.
- Low mode : Mode ini sangat berguna ketika kita berada di jalan yang licin, karena mode ini akan membuat tenaga mesin dibatasi sekitar 60%.
Selanjutnya pada bagian spedometer, motor ini memiliki tampilan spedometer yang canggih dan lengkap. Pada speedometer motor ini menampilkan berbagai informasi seperti odometer, tachometer, tripmeter, indikator gigi, konsumsi bahan bakar instan, konsumsi bahan bakar rata - rata, S-KTRC, Indikator Bahan bakar, Power mode, indikator kecepatan, indikator lampu dan indikator sein.
Sumber gambar http://www.otomagz.com/wp-content/uploads/2015/03/Kawasaki-Ninja-ZX10R.jpg |
WARNA
Sayangnya motor ini hanya memiliki 2 pilihan warna yaitu metallic carbon gray/flat ebony untuk versi standar dan lime green/pearl stardust white untuk versi spesial.
Sumber Gambar http://product.kawasaki-motor.co.id/productdetail-80-ninjazx-10r.html
SPESIFIKSI
RANGKA
- Rangka motor : deltabox yang dibuat dengan bahan alumunium yang kuat dan ringan ( Twin Spar - Cast Alumunium ).
- Sudut kemudi kiri & kanan : 27 derajat.
- Suspensi depan : garpu terbalik ( inverted fork ) berdiameter 43 mm yang bisa diatur kenyamanannya hingga 3 setelan
- Suspensi belakang : horisontal back-link dengan gas -charged shock yang bisa diatur tingkat kenyamanannya hingga 4 setelan.
- Ban depan : 120/70ZR17M/C ( 58W )
- Ban belakang : 190/55ZR17M/C ( 75W ).
- Rem depan : cakram ganda 4 kaliber piiston berukuran 310 mm
- Rem belakang : cakram tunggal 1 kaliber piston yang berukuran 220 mm.
MESIN
- Mesin berkapasitas : 988 cc, 4 Tak, 16 Katup, 6 kecepatan, DOHC ( Double Overhead Camshaft ) dengan sistem pendinginan berupa cairan.
- Diameter x Langkahnya : 76 mm x 55 mm.
- Rasio komprehensi mesin : 13 : 1.
- Pengapiannya jenis : digital dengan sistem bahan bakar Fuel Injection ( f47 mm x 4 ( Keihin ) ).
- Menyalakan mesin hanya dengan menggunakan satu cara yakni Electric.
- Daya maksimum : 147,1 kW ( 200PS ) / 13000 rpm ( Dengan RAM Air mencapai 154,4 kW ( 209,9 PS ) / 13000 rpm )
- Torsi maksimumnya : 112 Nm ( 11.4 kgf.m ) / 11500 rpm.
DIMENSI
- Panjang x lebar : 2075 mm x 715 mm
- Tinggi : 1115 mm.
- Jarak sumbu antar kedua roda : 1425 mm.
- Jarak terendah ke permukaan tanah : 135 mm.
- Tinggi dari tempat duduk : 813 mm.
- Berat kosong motor : 198 kg untuk varian standar & 201 kg untuk versi ABS.
- Kapasitas bahan bakar : 17 liter.
HARGA
Harga kawasaki ZX10R pada tahun 2016 sekitar Rp. 365.000.000
Demikian artikel tentang Kawasaki Ninja ZX10R. Baca juga artikel yang lain tentang Kawasaki Ninja RR mono dan Kawasaki KLX150BF. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya, terima kasih.
No comments:
Post a Comment